Rabu, 12 Desember 2012

NAMA YANG BAIK MENURUT ISLAM


Islam sangat menganjurkan kepada orang tua agar memilih nama anak yang baik lagi di cintai. Sudah menjadi ketetapan seluruh umat manusia dan juga termasuk sunnah fitrah dalam semua jenis dan bentuk masyarakat memberi nama anak yang baru lahir merupakan suatu keharusan untuk membedakan dari yang lain.
Sebagai pendidik yang baik hendaknya memilih nama yang baik dan indah untuk yang terlahir sebagai bentuk realisasi pengamalan ajaran islam.
Sebagaimana sabda Rasulullah saw :
إﻧﻛﻡﺗﺩﻋﻮﻥﻳﻭﻡﺍﻟﻗﻳﺎﻣﺔﺑﺄﺴﻣﺎﺌﻛﻡﻭﺑﺄﺴﻣﺎﺀﺁﺑﺎﺌﻛﻡﻓﺄﺣﺴﻧﻭﺍﺃﺴﻣﺎﺀﻛﻡ                              
Artinya : sesungguhnya akan dipanggil pada hari kiamat dengan nama kalian dan nama bapak-bapak kalian maka perbaikilah nama-nama kalian.
Yang harus diperhatikan dalam memberi nama anak.
1.      Nama anak di ambil dari nama-nama tokoh agama atau ulama baik kalangan para nabi, rasul atau nama-nama orang shalih dalam rangka taqarrub kapada Allah.
2.      Nama tersebut bagus dan sesuai dengan kondisi orang yang diberi nama dengan tingkatan social dan keadaan status.
3.      Mengikuti nama-nama yang telah diajarkan Nabi Muhammad saw seperti : Abdullah, Abdurrahman, Al-harits dan Hamman.
4.      Tidak memberikan nama-nama yang dilarang oleh Rasulullah dan di haramkan oleh para ulama seperti : Yasar, Rabah, Najih, Rafi’, Barokah, Harb, Ashram ( tandus ), Ashi dan Abdul Ka’bah, Abdun Nabi, Abdur Rasul, Raja Diraja, Sayidun Nas atau nama-nama syetan.
( إن أخنع إسم عند الله رجل تسمى ملك الأملاك (رواه البخاري؛ مسلم
Artinya : “Sesungguhnya nama yang paling dibenci oleh Allah adalah seseorang yang bernama Malakul Amlak (=rajanya diraja)” (HR. Bukhori; Muslim).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar