A. Masa Hidup Imam Al- Ghazali
1. Tempat Kelahiran Imam Al- Ghazali Imam Al-Ghazali nama
lengkapnya adalah Abu Hamid Muhammad Ibnu Muhammad Al-Ghazali, yang terkenal
dengan hujjatul Islam (argumentator islam) karena jasanya yang besar di dalam
menjaga islam dari pengaruh ajaran bid’ah dan aliran rasionalisme yunani.
Beliau lahir pada tahun 450 H, bertepatan dengan 1059 M di Ghazalah suatu kota
kecil yang terlelak di Thus wilayah Khurasah yang waktu itu merupakan salah
satu pusat ilmu pengetahuan di dunia islam. Beliau dilahirkan dari keluarga
yang sangat sederhana, ayahnya adalah seorang pengrajin wol sekaligus sebagai
pedagang hasil tenunannya, dan taat beragama, mempunyai semangat keagamaan yang
tinggi, seperti terlihat pada simpatiknya kepada ‘ulama dan mengharapkan
anaknya menjadi ‘ulama yang selalu memberi nasehat kepada umat. Itulah sebabnya,
ayahnya sebelum wafat menitipkan anaknya (imam al-Ghazali) dan saudarnya
(Ahmad), ketika itu masih kecil dititipkan pada teman ayahnya, seorang ahli
tasawuf untuk mendapatkan bimbingan dan didikan. Meskipun dibesarkan dalam
keadaan keluarga yang sederhana tidak menjadikan beliau merasa rendah atau
malas, justru beliau semangat dalam mempelajari berbagai ilmu pengetahuan,
dikemudian beliau menjelma menjadi seorang ‘ulama besar dan seorang sufi. Dan
diperkirakan imam Ghazali hidup dalam kesederhanaan sebagai seorang sufi sampai
usia 15 tahun (450-456) 2. Pendidikan dan Perjalanan Mencari Ilmu Perjalanan
imam Ghazali dalam memulai pendidikannya di wilayah kelahirannya. Kepada
ayahnya beliau belajar Al-qur’an dan dasar-dasar ilmu keagamaan ynag lain, di lanjutkan
di Thus dengan mempelajari dasar-dasar pengetahuan. Setelah beliau belajar pada
teman ayahnya (seorang ahli tasawuf), ketika beliau tidak mampu lagi memenuhi
kebutuhan keduanya, beliau mengajarkan mereka masuk ke sekolah untuk memperoleh
selain ilmu pengetahuan. Beliau mempelajari pokok islam (al-qur’an dan sunnah
nabi).Diantara kitab-kitab hadist yang beliau pelajari, antara lain :
a. Shahih Bukhori,
beliau belajar dari Abu Sahl Muhammad bin Abdullah Al Hafshi
b. Sunan Abi Daud, beliau belajar dari Al Hakim Abu Al Fath
Al Hakimi
c. Maulid An Nabi, beliau belajar pada dari Abu Abdillah
Muhammad bin Ahmad Al Khawani
d. Shahih Al Bukhari dan Shahih Al Muslim, beliau belajar
dari Abu Al Fatyan ‘Umar Al Ru’asai.
Begitu pula diantarnya bidang-bidang ilmu yang di kuasai
imam al-Ghazli (ushul al din) ushul fiqh, mantiq, flsafat, dan tasawuf Santunan
kehidupan sebagaimana lazimnya waktu beliau untuk belajar fiqh pada imam
Kharamain, beliau dalam belajar bersungguh-sungguh sampai mahir dalam madzhab,
khilaf (perbedaan pendapat), perdebatan, mantik, membaca hikmah, dan falsafah,
imam Kharamain menyikapinya sebagai lautan yang luas. Setelah imam kharamain
wafat kemudian beliau pergi ke Baghdad dan mengajar di Nizhamiyah. Beliau
mengarang tentang madzhab kitab al-basith, al- wasith, al-wajiz, dan al-
khulashoh. Dalam ushul fiqih beliau mengarang kitab al-mustasfa, kitab al-
mankhul, bidayatul hidayah, al-ma’lud filkhilafiyah, syifaal alil fi bayani
masa ilit dan kitab-kitab lain dalam berbagai fan. Antara tahun 465-470 H. imam
Al-Ghazali belajar fiqih dan ilmu-ilmu dasar yang lain dari Ahmad Al- Radzaski
di Thus, dan dari Abu Nasral Ismailli di Jurjan. Setelah imam al-Ghazali
kembali ke Thus, dan selama 3 tahun di tempat kelahirannya, beliau mengaji
ulang pelajaran di Jurjan sambil belajar tasawuf kekpada Yusuf Al Nassaj (w-487
H). pada tahun itu imam Al-Ghazali berkenalan dengan al-Juwaini dan memperoleh
ilmu kalam dan mantiq. Menurut Abdul Ghofur itu Ismail Al- Farisi, imam
al-Ghozali menjadi pembahas paling pintar di zamanya. Imam Haramain merasa
bangga dengan pretasi muridnya.
Walaupun kemashuran telah diraih imam al Ghazali beliau
tetap setia terhadap gurunya sampai dengan wafatnya pada tahun 478 H. sebelum
al Juwani wafat, beliau memperkenalkan imam al Ghazali kepada Nidzham Al Mulk,
perdana mentri sultan Saljuk Malik Syah, Nidzham adalah pendiri madrasah al
nidzhamiyah. Di Naisabur ini imam al Ghazali sempat belajar tasawuf kepada Abu
Ali Al Faldl Ibn Muhammad Ibn Ali Al Farmadi (w.477 H/1084 M). Setelah gurunya
wafat, al Ghazali meninggalkan Naisabur menuju negri Askar untuk berjumpa
dengan Nidzham al Mulk. Di daerah ini beliau mendapat kehormatan untuk berdebat
dengan ‘ulama. Dari perdebatan yang dimenengkan ini, namanya semakin populer
dan disegani karena keluadan ilmunya. Pada tahun 484 H/1091 M, imam al Ghazali
diangkat menjadi guru besar di madrasah Nidzhamiyah, ini dijelaskan salam
bukunya al mungkiz min dahalal. Selama megajar di madrasah dengan tekunnya imam
al Ghozali mendalami filsafat secara otodidak, terutama pemikiran al Farabi,
Ibn Sina Ibn miskawih dan Ikhwan Al Shafa.
Penguasaanya terhadap
filsafat terbukti dalam karyanya seperti al maqasid falsafah tuhaful al
falasiyah. Pada tahun 488 H/1095 M, imam al Ghazali dilanda keraguan (skeptis)
terhadap ilmu-ilmu yang dipelajarinya (hukum teologi dan filsafat). Keraguan
pekerjaanya dan karya-karya yang dihasilkannya, sehingga beliau menderita
penyakit selama dua bulan dan sulit diobati. Karena itu, imam al Ghazali tidak
dapat menjalankan tugasnya sebagai guru besar di madrasah nidzhamiyah, yang
akhirnya beliau meninggalkan Baghdad menuju kota Damaskus, selam kira-kira dua
tahun imam al Ghazali di kota Damaskus beliau melakukan uzlah, riyadah, dan
mujahadah. Kemudian beliau pihdah ke Bait al Maqdis Palestina untuk melakukan
ibadah serupa. Sektelah itu tergerak hatinya untuk menunaikan ibadah haji dan
menziarohi maqom Rosulullah Saw. Sepulang dari tanah suci, imam al Ghazali
mengunjungi kota kelahirannya di Thus, disinilah beliau tetap berkhalwat dalam
keadaan skeptis sampai berlangsung selama 10 tahun. Pada periode itulah beliau
menulis karyanya yang terkenal ” ihya’ ‘ulumuddin al-din” the revival of the
religious ( menghidupkan kembali ilmu agama). Karena disebabkan desakan pada
madrasah nidzhamiyah di Naisabur tetapi berselang selam dua tahun. Kemudian
beliau madrasah bagi para fuqoha dan jawiyah atau khanaqoh untuk para
mustafifah. Di kota inilah (Thus) beliau wafat pada tahun 505 H / 1 desember
1111 M. Abul Fajar al-Jauzi dalam kitabnya al asabat ‘inda amanat mengatakn,
Ahmad saudaranya imam al Ghazali berkata pada waktu shubuh, Abu Hamid berwudhu
dan melakukan sholat, kemudian beliau berkata : Ambillah kain kafan untukku
kemudian ia mengambil dan menciumnya lalu meletakkan diatas kedua matanya, beliau
berkata ” Aku mendengar dan taat untuk menemui Al Malik kemudian menjulurkan
kakinya dan menghadap kiblat. Imam al Ghazali yag bergelar hujjatul islam itu
meninggal dunia menjelang matahari terbit di kota kelahirannya (Thus) pada hari
senin 14 Jumadil Akir 505 H (1111 M). Imam al Ghazali dimakamkan di Zhahir al
Tabiran, ibu kota Thus. B. Guru dan Panutan Imam Al Ghazali Imam al Ghazali
dalam perjalanan menuntut ilmunya mempunyai banyak guru, diantaranya guru-guru
imam Al Ghazali sebagai berikut :
1. Abu Sahl
Muhammad Ibn Abdullah Al Hafsi, beliau mengajar imam Al Ghozali dengan kitab
shohih bukhori.
2. Abul
Fath Al Hakimi At Thusi, beliau mengajar imam Al Ghozali dengan kitab sunan abi
daud.
3.
Abdullah Muhammad Bin Ahmad Al Khawari, beliau mengajar imam Ghazali dengan
kitab maulid an nabi.
4. Abu Al Fatyan ‘Umar Al Ru’asi, beliau
mengajar imam Al Ghazali dengan kitab shohih Bukhori dan shohih Muslim.
Dengan demikian guru-guru imam Al Ghazali tidak hanya
mengajar dalam bidang tasawuf saja, akan tetapi beliau juga mempunyai guru-guru
dalam bidang lainnya, bahkan kebanyakan guru-guru beliau dalam bidang hadist.
C. Murid-Murid Imam Al Ghazali Imam Al Ghazali mempunyai banyak murid, karena
beliau mengajar di madrasah nidzhamiyah di Naisabur, diantara murid-murid
beliau adalah : 1. Abu Thahir Ibrahim Ibn Muthahir Al- Syebbak Al Jurjani
(w.513 H). 2. Abu Fath Ahmad Bin Ali Bin Muhammad Bin Burhan (474-518 H),
semula beliau bermadzhab Hambali, kemudian setelah beliau belajar kepada imam
Ghazali, beliau bermadzhab Syafi’i. Diantara karya-karya beliau al ausath, al
wajiz, dan al wushul. 3. Abu Thalib, Abdul Karim Bin Ali Bin Abi Tholib Al Razi
(w.522 H), beliau mampu menghafal kitab ihya’ ‘ulumuddin karya imam Ghazali.
Disamping itu beliau juga mempelajari fiqh kepada imam Al Ghazali. 4. Abu Hasan
Al Jamal Al Islam, Ali Bin Musalem Bin Muhammad Assalami (w.541 H). Karyanya
ahkam al khanatsi. 5. Abu Mansur Said Bin Muhammad Umar (462-539 H), beliau
belajar fiqh pada imam Al Ghazali sehingga menjadi ‘ulama besar di Baghdad. 6.
Abu Al Hasan Sa’ad Al Khaer Bin Muhammad Bin Sahl Al Anshari Al Maghribi Al
Andalusi (w.541 H). beliau belajar fiqh pada imam Ghozali di Baghdad. 7. Abu
Said Muhammad Bin Yahya Bin Mansur Al Naisabur (476-584 H), beliau belajar fiqh
pada imam Al Ghazali, diantara karya-karya beliau adalah al mukhit fi sarh al
wasith fi masail, al khilaf. 8. Abu Abdullah Al Husain Bin Hasr Bin Muhammad
(466-552 H), beliau belajar fiqh pada imam Al Ghazali. Diantar karya-karya
beliau adalah minhaj al tauhid dan tahrim al ghibah. Dengan demikian imam al
ghozali memiliki banyak murid. Diantara murid–murid beliau kebanyakan belajar
fiqh. Bahkan diantara murid- murid beliau menjadi ulama besar dan pandai
mengarang kitab. D. Karya-Karya Imam Al Ghazali Imam Al Ghozali termasuk
penulis yang tidak terbandingkan lagi, kalau karya imam Al Ghazali diperkirakan
mencapai 300 kitab, diantaranya adalah : 1. Maqhasid al falasifah (tujuan para
filusuf), sebagai karangan yang pertama dan berisi masalah-masalah filsafah. 2.
Tahaful al falasifah (kekacauan pikiran para filusifi) buku ini dikarang
sewaktu berada di Baghdad di kala jiwanya di landa keragu-raguan. Dalam buku
ini Al Ghazali mengancam filsafat dan para filusuf dengan keras. 3. Miyar al
‘ilmi/miyar almi (kriteria ilmu-ilmu). 4. Ihya’ ulumuddin (menghidupkan kembali
ilmu-ilmu agama). Kitab ini merupakan karyanya yang terbesar selama beberapa
tahun ,dalam keadaan berpindah-pindah antara Damakus, Yerusalem, Hijaz, Dan
Thus yang berisi panduan fiqih, tasawuf dan filsafat. 5. Al munqiz min al
dhalal (penyelamat dari kesesatan) kitab ini merupakan sejarah perkembangan
alam pikiran Al Ghazali sendiri dan merefleksikan sikapnya terhadap beberapa
macam ilmu serta jalan mencapai tuhan. 6. Al-ma’arif al-aqliyah (pengetahuan
yang nasional) 7. Miskyat al anwar (lampu yang bersinar), kitab ini berisi
pembahasan tentang akhlak dan tasawuf. 8. Minhaj al abidin (jalan mengabdikan
diri terhadap tuhan). 9. Al iqtishad fi al i’tiqod (moderisasi dalam aqidah).
10. Ayyuha al walad. 11. Al musytasyfa 12. Ilham al –awwam an ‘ilmal kalam. 13.
Mizan al amal. 14. Akhlak al abros wa annajah min al asyhar (akhlak orang-orang
baik dan kesalamatan dari kejahatan). 15. Assrar ilmu addin (rahasia ilmu
agama). 16. Al washit (yang pertengahan) . 17. Al wajiz (yang ringkas). 18.
Az-zariyah ilaa’ makarim asy syahi’ah (jalan menuju syariat yang mulia) 19. Al
hibr al masbuq fi nashihoh al mutuk (barang logam mulia uraian tentang nasehat
kepada para raja). 20. Al mankhul minta’liqoh al ushul (pilihan yang tersaing
dari noda-noda ushul fiqih). 21. Syifa al qolil fibayan alsyaban wa al mukhil
wa masalik at ta’wil (obat orang dengki penjelasan tentang hal-hal samar serta
cara-cara penglihatan). 22. Tarbiyatul aulad fi islam (pendidikan anak di dalam
islam) 23. Tahzib al ushul (elaborasi terhadap ilmu ushul fiqiha). 24. Al
ikhtishos fi al ‘itishod (kesederhanaan dalam beri’tiqod). 25. Yaaqut at ta’wil
(permata ta’wil dalam menafsirkan al qur’an).
BAB TAMBAHAN KESETIAAN IMAM AL GHAZALI KEPADA GURUNYA.
Walupun kemashuran telah diraih imam al-ghazali beliau tetap setia terhadap
gurunya dan tidak meninggalkannya sampai dengan wafatnya pada tahun 478 H.
sebelum al-Juwami wafat, beliau memperkenalkan imam al-Ghazali kepada Nidham Al
Mulk, perdana mentri sulatan Saljuk Malik Syah, Nidham adalah pendiri madrasah
al- nidzamiyah. Di Nashabur ini imam al Ghazali sempat belajar tasawuf kepada
Abu Ali Al Fadl Ibn Muhammad Ibn Ali Al Farmadi (w. 477 H/1084 M) Setelah
gurunya wafat, Al Ghazali meninggalkan Naisabur menuju negri Askar untuk berjumpa
dengan Nidzham Al Mulk. Di daerah ini beliau mendapat kehormatan untuk berdebat
dengan para ‘ulama. Dari perdebatan yang dimenangkan ini, namanya semakin
populer dan desegani karena keluasan ilmunya. Pada tahun 484 H/1091 M, imam
al-Ghazali diangkat menjadi guru besar di madrasah Nidhzamiyah, ini dijelaskan
dalam bukunya al mungkiz min al dahalal. Selama mengajar di madrasah dengan
tekunnya imam al Ghazali mendalami filsafat secara otodidak, terutama pemikiran
al Farabi, Ibn Sina Ibn Miskawih dan Ikhwan Al Shafa.penguasaanya terhadap
filsafat terbukti dalam karyanya seperti Falsafah Tuhfatul Al Falasifah. Pada
tahun 488 H / 1095 M, imam al Ghazali dilanda keraguan(ekeptis) trhadap
ilmu-ilmu yang dipelajari(hukum teologi dan filsafat). Keraguan pekerjaannya
dan karya-karya yang dihasilkannya, sehungga beliau menderita penyakit selam
adua bulan Aqidah dan Madzhab Beliau Dalam masalah fikih, beliau seorang yang
bermazhab Syafi’i. Nampak dari karyanya Al Wasith, Al Basith dan Al Wajiz.
Bahkan kitab beliau Al Wajiz termasuk buku induk dalam mazhab Syafi’i. Mendapat
perhatian khusus dari para ulama Syafi’iyah. Imam Adz Dzahabi menjelaskan
mazhab fikih beliau dengan pernyataannya, “Syaikh Imam, Hujjatul Islam,
A’jubatuz zaman, Zainuddin Abu Hamid Muhammad bin Muhammad bin Muhammad bin
Ahmad Ath Thusi Asy Syafi’i.” Sedangkan dalam sisi akidah, beliau sudah
terkenal dan masyhur sebagai seorang yang bermazhab Asy’ariyah. Banyak membela
Asy’ariyah dalam membantah Bathiniyah, para filosof serta kelompok yang menyelisihi
mazhabnya. Bahkan termasuk salah satu pilar dalam mazhab tersebut. Oleh karena
itu beliau menamakan kitab aqidahnya yang terkenal dengan judul Al Iqtishad Fil
I’tiqad. Tetapi karya beliau dalam aqidah dan cara pengambilan dalilnya,
hanyalah merupakan ringkasan dari karya tokoh ulama Asy’ariyah sebelum beliau
(pendahulunya). Tidak memberikan sesuatu yang baru dalam mazhab Asy’ariyah.
Beliau hanya memaparkan dalam bentuk baru dan cara yang cukup mudah.
Keterkenalan Imam Ghazali sebagai tokoh Asy’ariyah juga dibarengi dengan
kesufiannya. Beliau menjadi patokan marhalah yang sangat penting menyatunya
Sufiyah ke dalam Asy’ariyah. Akan tetapi tasawuf apakah yang diyakini beliau?
Memang agak sulit menentukan tasawuf beliau. Karena seringnya beliau membantah sesuatu,
kemudian beliau jadikan sebagai aqidahnya. Beliau mengingkari filsafat dalam
kitab Tahafut, tetapi beliau sendiri menekuni filsafat dan menyetujuinya.
Ketika berbicara dengan Asy’ariyah tampaklah sebagai seorang Asy’ari tulen.
Ketika berbicara tasawuf, dia menjadi sufi. Menunjukkan seringnya beliau
berpindah-pindah dan tidak tetap dengan satu mazhab. Oleh karena itu Ibnu Rusyd
mencelanya dengan mengatakan, “Beliau tidak berpegang teguh dengan satu mazhab
saja dalam buku-bukunya. Akan tetapi beliau menjadi Asy’ari bersama Asy’ariyah,
sufi bersama sufiyah dan filosof bersama filsafat.” (Lihat Mukadimah kitab
Bughyatul Murtad hal. 110). Adapun orang yang menelaah kitab dan karya beliau
seperti Misykatul Anwar, Al Ma’arif Aqliyah, Mizanul Amal, Ma’arijul Quds,
Raudhatuthalibin, Al Maqshad Al Asna, Jawahirul Qur’an dan Al Madmun Bihi Ala
Ghairi Ahlihi, akan mengetahui bahwa tasawuf beliau berbeda dengan tasawuf
orang sebelumnya. Syaikh Dr. Abdurrahman bin Shalih Ali Mahmud menjelaskan
tasawuf Al Ghazali dengan menyatakan, bahwa kunci mengenal kepribadian Al
Ghazali ada dua perkara: Pertama, pendapat beliau, bahwa setiap orang memiliki
tiga aqidah. Yang pertama, ditampakkan di hadapan orang awam dan yang
difanatikinya. Kedua, beredar dalam ta’lim dan ceramah. Ketiga, sesuatu yang
dii’tiqadi seseorang dalam dirinya. Tidak ada yang mengetahui kecuali teman
yang setara pengetahuannya. Bila demikian, Al Ghazali menyembunyikan sisi
khusus dan rahasia dalam aqidahnya. Kedua, mengumpulkan pendapat dan uraian
singkat beliau yang selalu mengisyaratkan kerahasian akidahnya. Kemudian
membandingkannya dengan pendapat para filosof saat beliau belum cenderung
kepada filsafat Isyraqi dan tasawuf, seperti Ibnu Sina dan yang lainnya.
(Mauqif Ibnu Taimiyah Minal Asyariyah 2/628). Beliau (Syeikh Dr. Abdurrahman
bin Shalih Ali Mahmud) menyimpulkan hasil penelitian dan pendapat para peneliti
pemikiran Al Ghazali, bahwa tasawuf Al Ghazali dilandasi filsafat Isyraqi
(Madzhab Isyraqi dalam filsafat ialah mazhab yang menyatukan pemikiran dan
ajaran dalam agama-agama kuno, Yunani dan Parsi. Termasuk bagian dari filsafat
Yunani dan Neo-Platoisme. Lihat Al Mausu’ah Al Muyassarah Fi Al Adyan Wal
Madzahibi Wal Ahzab Al Mu’ashirah, karya Dr. Mani’ bin Hamad Al Juhani
2/928-929). Sebenarnya inilah yang dikembangkan beliau akibat pengaruh
karya-karya Ibnu Sina dan Ikhwanush Shafa. Demikian juga dijelaskan pentahqiq
kitab Bughyatul Murtad dalam mukadimahnya. Setelah menyimpulkan bantahan
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah terhadap beliau dengan mengatakan, “Bantahan Ibnu
Taimiyah terhadap Al Ghazali didasarkan kejelasannya mengikuti filsafat dan
terpengaruh dengan sekte Bathiniyah dalam menta’wil nash-nash, walaupun beliau
membantah habis-habisan mereka, seperti dalam kitab Al Mustadzhiri. Ketika
tujuan kitab ini (Bughyatul Murtad, pen) adalah untuk membantah orang yang
berusaha menyatukan agama dan filsafat, maka Syaikhul Islam menjelaskan bentuk
usaha tersebut pada Al Ghazali. Yang berusaha menafsirkan nash-nash dengan
tafsir filsafat Isyraqi yang didasarkan atas ta’wil batin terhadap nash, sesuai
dengan pokok-pokok ajaran ahli Isyraq (pengikut filsafat neo-platonisme).”
(Lihat Mukadimah kitab Bughyatul Murtad hal. 111). Tetapi perlu diketahui,
bahwa pada akhir hayatnya, beliau kembali kepada ajaran Ahlusunnah Wal Jama’ah
meninggalkan filsafat dan ilmu kalam, dengan menekuni Shahih Bukhari dan
Muslim. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berkata, “Penulis Jawahirul Qur’an (Al
Ghazali, pen) karena banyak meneliti perkataan para filosof dan merujuk kepada
mereka, sehingga banyak mencampur pendapatnya dengan perkataan mereka. Pun
beliau menolak banyak hal yang bersesuaian dengan mereka. Beliau memastikan,
bahwa perkataan filosof tidak memberikan ilmu dan keyakinan. Demikian juga
halnya perkataan ahli kalam. Pada akhirnya beliau menyibukkan diri meneliti
Shahih Bukhari dan Muslim hingga wafatnya dalam keadaan demikian. Wallahu
a’lam.”
Suatu hari, Imam Al-Ghazali berkumpul dengan murid-muridnya
lalu beliau bertanya (Teka Teki ) : Imam Ghazali = ‘ Apakah yang paling dekat
dengan diri kita di dunia ini ? Murid 1 = ‘ Orang tua ‘ Murid 2 = ‘ Guru ‘
Murid 3 = ‘ Teman ‘ Murid 4 = ‘ Kaum kerabat ‘ Imam Ghazali = ‘ Semua jawapan
itu benar. Tetapi yang paling dekat dengan kita ialah MATI. Sebab itu janji
Allah bahawa setiap yang bernyawa pasti akan mati ( Surah Ali-Imran :185). Imam
Ghazali = ‘ Apa yang paling jauh dari kita di dunia ini ?’ Murid 1 = ‘ Negeri
Cina ‘ Murid 2 = ‘ Bulan ‘ Murid 3 = ‘ Matahari ‘ Murid 4 = ‘ Bintang-bintang ‘
Iman Ghazali = ‘ Semua jawaban itu benar. Tetapi yang paling benar adalah MASA
LALU. Bagaimanapun kita, apapun kenderaan kita, tetap kita tidak akan dapat
kembali ke masa yang lalu. Oleh sebab itu kita harus menjaga hari ini, hari
esok dan hari-hari yang akan datang dengan perbuatan yang sesuai dengan ajaran
Agama’. Iman Ghazali = ‘ Apa yang paling besar didunia ini ?’ Murid 1 = ‘
Gunung ‘ Murid 2 = ‘ Matahari ‘ Murid 3 = ‘ Bumi ‘ Imam Ghazali = ‘ Semua
jawaban itu benar, tapi yang besar sekali adalah HAWA NAFSU (Surah Al A’raf:
179). Maka kita harus hati-hati dengan nafsu kita, jangan sampai nafsu kita
membawa ke neraka.’ IMAM GHAZALI’ Apa yang paling berat didunia? ‘ Murid 1 = ‘
Baja ‘ Murid 2 = ‘ Besi ‘ Murid 3 = ‘ Gajah ‘ Imam Ghazali = ‘ Semua itu benar,
tapi yang paling berat adalah MEMEGANG AMANAH (Surah Al-Azab : 72 ).
Tumbuh-tumbuhan, binatang, gunung, dan malaikat semua tidak mampu ketika Allah
SWT meminta mereka menjadi khalifah pemimpin) di dunia ini. Tetapi manusia
dengan sombongnya berebut-rebut menyanggupi permintaan Allah SWT sehingga
banyak manusia masuk ke neraka kerana gagal memegang amanah.’ Imam Ghazali = ‘
Apa yang paling ringan di dunia ini ?’ Murid 1 = ‘ Kapas’ Murid 2 = ‘ Angin ‘
Murid 3 = ‘ Debu ‘ Murid 4 = ‘ Daun-daun’ Imam Ghazali = ‘ Semua jawaban kamu
itu benar, tapi yang paling ringan sekali didunia ini adalah MENINGGALKAN
SOLAT. Gara-gara pekerjaan kita atau urusan dunia, kita tinggalkan solat ‘ Imam
Ghazali = ‘ Apa yang paling tajam sekali di dunia ini? ‘ Murid- Murid dengan
serentak menjawab = ‘ Pedang ‘ Imam Ghazali = ‘ Itu benar, tapi yang paling
tajam sekali didunia ini adalah LIDAH MANUSIA. Kerana melalui lidah, manusia
dengan mudahnya menyakiti hati dan melukai perasaan saudaranya sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar