Selasa, 11 Desember 2012

TAHNIK


Tahnik adalah mengunyahkan kurma atau semisalnya kemudian di oleskan kelangit – langit pada mulut bayi[1]. Demikian itu termasuk sunnah Nabi karena beliau pernah melakukan hal tersebut ketika ada seorang bayi lahir.
Dalam shahih Bukhari dari Hisam bin Urwah dari Asma’ beliau berkata : “ ketika aku hamil Abdullah bin Az – Zubair di Mekah, aku keluar untuk menyempurnakan ihram. Setelah sampai di madinah, aku singgah di Quba’, hingga aku melahirkan di Quba’, kemudian aku datang kepada Rasulullah SAW, lalu aku letakkan bayi itu di pangkuannya maka beliau meminta sebutir kurma lalu di kunyah kemudian di masukkan kemulut bayi sehingga yang pertama kali masuk ke perutnya adalah ludah Rasulullah SAW.
ﻭﻟﺩ ﻟﻰ ﻏﻼﻢ ﻓﺎﺗﻳﺕﺑﻪ ﺺ . ﻢ . ﻓﺳﻣﻪ ﺍﺑﺭﺍﻫﻳﻢ ﻭﺣﻧﻛﻪ ﺑﺗﻣﺭﺓ
Artinya : “Pernah dikaruniakan kepadaku seorang anak laki-laki, lalu aku membawanya ke hadapan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka beliau memberinya nama Ibrahim dan mentahniknya dengan sebuah kurma.”( H.R. Al-Bukhari )
Dari Abu Musa Al – Asy’ari berkata : “ ketika anakku lahir aku membawanya kepada Rasulullah SAW lalu di beri nama Ibrahim dan beliau mentahnik dengan kurma”.
Dari Ummul Mukminin Aisyah r.a bahawa pernah didatangkan beberapa bayi kepada Nabi SAW lalu beliau mendoakan keberkahan kepada mereka dan mentahnik mereka.
Dari penjelasan di atas dapat di ambil beberapa kesimpulan sebagai berikut :
1.      Disunnahkan mentahnik bayi yang baru lahir.
2.      Di dalam tahnik mengandung permintaan doa keberkahankepada orang –orang shalih atau orang yang memiliki keutamaan.
3.      Dalam sunnah tahnik terdapat anjuran agar bersikap lemah lembut, santun dan tawadhu’ kepada anak kecil.
4.      Tahnik dapat memberi pengaruh positif bagi anak.
5.      Tahnik juga bisa menguatkan organ tubuh bayi dan membantu memudahkan proses menyusu bagi bayi tersebut.


[1]. Suwaid, Muhammad Nur ( 2004 ). Cara Nabi Mendidik Anak ( cet. Ke-1 ).  Jakarta Timur : Al – I’tishom.hal. 39

Tidak ada komentar:

Posting Komentar