Senin, 09 Maret 2015

KEUTAMAAN ILMU DARI HARTA


   
Artinya : Hai orang-orang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", Maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", Maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.

KEUTAMAAN ILMU DARI PADA HARTA
1.      Ilmu adalah warisan para nabi dan Rasul sedangkan harta adalah warisan qarun dan firaun
2.      Ilmu akan menjaga orang yang memilkinya sedangkan harta dijaga oleh pemiliknya
3.      Orang yang berilmu akan mempunyai banyak sahabat sedangkan orang yang mempunyai banyak harta akan banyak lawan dan orang yang iri hati kepadanya.
4.      Ilmu tidak dapat dicuri atau dirampas sedangnkan harta bisa dicuri dan dirampas oleh orang lain.
5.      Ilmu jika diberikan kepada orang lain maka akan bertambah sedangkan harta jika diberikan kepada orang lain akan berkurang.
6.      Ilmu apabila disimpan tidak akan habis dan binasa sedangkan harta bila disimpan akan usang, habis dan binasa dimakan waktu dan usia.
7.      Ilmu tidak ada batasnya sedangkan harta ada batas dan dapat dihitung jumlahnya.
8.      Ilmu akan memberi dan memancarkan sinar kebaikan, menjernihkan pikiran dan hati serta menenangkan jiwa, sedangkan harta dapat mengelapkan jiwa dan hati pemiliknya.
9.      Orang yang berilmu akan mendapat panggilan dan sebutan yang mulia, sedangkan orang yang banyak harta dan kadangkala dipanggil kikir dan bakhil.
10.  Orang yang berilmu mendorong untuk mencintai Allah, sedangkan harta akan membangkitkan rasa sombong, bakhil dan takabur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar