Senin, 12 November 2012

PENGERTIAN PENDIDIKAN ISLAM


A.     Pengertian Pendidikan Agama Islam
Ki Hajar Dewantara mengatakan bahwa pendidikan adalah sebuah proses pemberdayaan manusia dengan cara mentranspormasikan nilai – nilai budaya yang keadaannya tidak mesti selalu sama dengan nilai budaya pada masa lampau[1]. Pendidikan adalah suatu proses dalam rangka mempengaruhi siswa agar dapat menyesuaikan diri sebaik mungkin terhadap lingkungannya dan dengan demikian akan menimbulkan perubahan dalam dirinyayang memungkinkannya untuk berfungsi secara kuat dalam kehidupan masyarakat [2]. Kemudian H.M. Arifin mengemukakan bahwa pendidikan adalah “usaha orang dewasa secara sadar untuk membimbing dan mengembangkan kepribadian serta kemampuan dasar anak didik baik dalam bentuk pendidikan formal maupun non formal”.
Jadi pendidikan adalah usaha yang dilakukan dengan memberikan bimbingan untuk mempengaruhi jiwa anak didik secara berproses menuju kepada tujuan yang telah ditetapkan, yaitu menanamkan taqwa dan akhlak serta menegakkan kebenaran sehingga terbentuknya manusia yang berpribadi dan berbudi luhur sesuai dengan ajaran islam.
   Sedangkan  Agama Islam, Kata  “agama; dalam bahasa Arab disebut “dinun”, dalam bahasa Belanda disebut “religie” dan dalam bahasa Inggris disebut “religion”. Agama islam yaitu peraturan peri kehidupan manusia yang sesuai dengan akal dan pikiran, yang dibawa oleh utusan Allah Ta’ala yang terpilih yaitu junjungan kita Nabi Muhammad SAW [3].
Islam berasal dari kata aslama yang berarti menyerahkan diri kepada Allah, dan dari kata salima yang berarti selamat atau mendapat keselamatan dari Allah [4].
Adapun pengertian agama menurut terminologi adalah “suatu kepercayaan yang dianut oleh manusia dalam usahanya mencari hakekat dari hidupnya dan yang mengajarkan kepadanya tentang hubungannya dengan Tuhan, tentang hakekat dan maksud dari segala sesuatu yang ada”. sedangkan dalam buku “Metodologi Pengajaran Pendidikan Islam”, sebagian ahi agama mengatakan, bahwa ; “Agama (al-Din) adalah tatanan (undang-undang) Tuhan yang dianugerahkan kepada manusia, melalui lisan salah seorang pilihan dari kalangan mereka sendiri, tanpa diusahakan dan diciptakannya”.
Dalam al-Qur’an kata ad-din mempunyai dua pengertian, yaitu pengertian sempit dan pengertian luas. Adapun yang dimaksud dengan agama di sini adalah kata ad-din dalam pengertian luas, yaitu aturan-aturan hidup yang lengkap dalam segala aspek kehidupan, yang diciptakan oleh penguasa tertinggi (Allah) dan setiap individu mempunyai wewenang untuk mematuhi atau menolaknya. Kata ad-din dalam pengertian yang luas terdapat dalam firman Allah sebagai berikut.
¨bÎ) šúïÏe$!$# yYÏã «!$# ÞO»n=óM}$# 3 ÇÊÒÈ  
 Artinya . Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam [5].
Setelah diketahui pengertian pendidikan dan pengertian agama Islam, maka dapatlah dirumuskan pengertian tentang pendidikan agama Islam. Dalam hal ini Hasan Langulung mengemukakan, Pendidikan Agama Islam ialah “Proses penyiapan generasi muda untuk mengisi peranan, memindahkan pengetahuan dan nilai-nilai Islam, yang diselaraskan dengan fungsi manusia untuk beramal di dunia dan akhirat”.  Pendidikan islam adalah usaha membina anak sedikit demi sedikit hingga mencapai batas kesempurnaan [6].  Pendidikan islam juga merupakan pendidikan yang ideal, di dalamnya di ajarkan ilmu karena ia mengandung kelezatan kejiwaan, untuk sampai pada hakikat ilmiah dan akhlak yang terpuji [7].
Dari pendapat-pendapat tersebut di atas, dapatlah diambil suatu pengertian bahwa pendidikan agama Islam adalah usaha yang dilakukan dengan memberikan bimbingan untuk mempengaruhi jiwa anak didik secara berproses menuju kepada tujuan yang telah ditetapkan, yaitu menanamkan taqwa dan akhlak serta menegakkan kebenaran sehingga terbentuklah manusia yang berpribadi dan berbudi luhur sesuai dengan ajaran Islam.


[1] . Abuddin Nata ( 2009 ). Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran ( cet. Ke-1 ). Jakarta : Kencana Prenada Media Group. hal. 15
[2] . Oemar Hamalik ( 2004 ). Proses Belajar Mengajar ( cet. Ke-3 ). Jakarta : PT. Bumi Aksara. hal. 79
[3] . S.A. Zainal Abidin ( 2001 ). Kunci Ibadah, Semarang : PT. Karya Toha Putra. Hal. 13
[4] . Zakiah Drajad dkk ( 1990 ). Pendidikan Agama Islam ( cet. Ke-3 ). Jakarta : Departemen Agama R.I. hal. 188
[5] . Al – quran Al – Karim dan terjemahnya, PT. Karya Toha Putra, Semarang, 1999.  ( Q.S. Ali Imran : 19 ).
[6]. Suwaid, Muhammad Nur ( 2004 ). Cara Nabi Mendidik Anak ( cet. Ke-1 ). Jakarta Timur : Al – I’tishom.
[7]. Al – Abrasyi, Muhammad ‘Athiyyah ( 2003 ). Prinsip – Prinsip Dasar Pendidikan Islam (  cet. Ke-1 ). Bandung : CV Pustaka Setia. Hal. 16

Tidak ada komentar:

Posting Komentar